Sunday, January 15, 2017

Pengertian Google Cloud (G suite) dan Kelebihan Kekurangan

Hay pecinta berita, saya akan menjelaskan tentang google cloud tapi lebih spesifik ke G suite.

Apa itu Google Cloud?
      Google cloud merupakan sebuah produk layanan Cloud Computing dari Google yang terdiri dari 4 jenis layanan yang kesemuanya bertujuan untuk membuat sebuah project berbasis Cloud Computing / Komputasi Berbasis Internet agar bisa dimanfaatkan dalam skala global. 


4 jenis layanan Google cloud antara lain : 
(1). Google AppEngine
(2). Google BigQuery
(3). Google Compute Engine
(4). Google Cloud Storage

Apa itu G Suite?
      G suite merupakan paket layanan berbasis awan yang dapat menyediakan cara yang sepenuhnya baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah, tidak hanya menggunakan email dan chat, namun dari konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen dalam waktu nyata, dan masih banyak hal lain lagi.

Kelebihan Dan Kekurangan Google cloud(G suite)

Kelebihan Google cloud(G suite)
1. Keamanan Data : Menggunakan Google Cloud memungkinkan kita untuk memiliki keamanan data yang sangat terjamin, hal itu merupakan faktor penting dalam melakukan pembangunan sebuah layanan berbasis Internet.
2. Fleksibel : Dimanapun kita berada kita bisa mengakses data yang kita simpan di google cloud dengan mudah yang perlu kita sediakan yaitu koneksi internet.
3.  Data Terpusat : Penyimpanan yang terpusat sangat di perlukan untuk membangun sebuah layanan dengan skala besar, terutama apabila pengguna dari layanan tersebut sangat banyak.
4. Menghemat Biaya : Apabila kita memikirkan investasi jangka panjang, layanan google cloud bisa menekan biaya infrastuktur system yang dapat kita perluka untuk membangun sebuah aplikasi atau bisnis kita.

Kekurangan Google cloud (G suite)
     koneksi internet. Jika tidak ada koneksi internet jangan berharap untuk bisa menggunakan komputasi awan. Hal ini yang menjadi penyebab atau hambatan perusahaan yang menggunakan teknologi komputasi awan tidak bisa eksis di daerah yang belum terintegrasi internet. Indonesia menjadi salah satu negara yang semua daerahnya belum terjangkau koneksi internet.

1 comment:

  1. Wah mantap nih

    Gan.. Silahkan Submit Artikelmu disini..

    Situsku
    - Visitor perhari : 600- 800
    - Pageview : 1000-1500
    - Rank Lokal : 26000
    http://www.budistudio.com

    ReplyDelete