Monday, January 16, 2017

Generasi Komputer

hay pembaca setia, hari ini saya akan memberi tahu kalian bentuk komputer dari generasi pertama hingga generasi sekarang,ayo liat kebawah

1. komputer generasi pertama Tahun 1940-1959



Pada generasi pertama ini mesin komputer diawali oleh ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Mesin ini ditemukan oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert. Komputer pertama hadir dengan mesin yang sangat besar. Sekitar 30 ton dan menggunakan daya sekitar 140 kilowatt. pada masa kini ada yang mau punya komputer seberat ini gak ?😃.

Karena ENIAC dirasa kurang efektif, maka tahun 1957 John Von Neumann menemukan mesin baru untuk komputer yang diberi nama Von Neumann. Pada saat inilah pertama kalinya komputer menggunakan sistem RAM (Random Access Memory).

Di pertengahan tahun 1950, komputer komersial pertama diluncurkan. Dengan menggunakan angka dan huruf yang bisa digunakan untuk kalkulasi sensus di Amerika Serikat. Komputer jenis ini bertahan hingga tahun 1963

2. Komputer Generasi Kedua Tahun 1959-1964



Pada genrasi kedua ini ditandai dengan teknologi vakum telah diganti dengan teknologi sirkuit transistor dan diode.

Bahasa pemrogramannya pun tingkat tinggi. Seperti COBOL dan FORTRAN. Magnetic Core Storage digunakan untuk pengembangan kapasitas memori.

Alat penyimpanan data eksternal telah menggunakan magnetic disk dan magnetic tape.

Untuk ukuran fisik sendiri jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Sudah bisa menghasilkan jutaan operasi perdetik. Selain itu, kebutuhan daya operasinya pun lebih kecil.

3. Komputer generasi ketiga Tahun 1964-1970



Pada generasi ketiga ini ditandai dengan kinerjanya yang lebih cepat karena telah menggunakan teknologi IC.

Meningkatnya kapasitas software dan memori penyimpanan. Selain itu, menggunakan media penyimpan data eksternal dengan menggunakan eksternal disk yang mampu memuat kapasitas besar hingga jutaan karakter.

Untuk masalah harga juga lebih murah. Dan bisa melakukan komunikasi dengan komputer lain.

4. Komputer generasi keempat Tahun 1970-1980


Pada generasi keempat ini, belum ditentukan mengenai masalah standar komputer. Terlebih untuk masalah PC (personal computer). Sehingga belum ada satupun komputer yang Macintosh Compatible atau PC Compatible.

5. Komputer generasi kelima Tahun 1980 - sekarang



Pada generasi inilah akhirnya tekhnologi chip yang hanya menghasilkan milyaran operasi perdetik digantikan oleh teknologi Josephson Junction. Teknologi ini mampu menghasilkan trilyunan operasi perdetik.


No comments:

Post a Comment